SMP NEGERI 1 CILIMUS RAIH SEGUDANG PRESTASI

Kuninganaksi _Pendidikan merupakan fondasi utama untuk mencetak generasi unggul bagi bangsa sehingga memiliki kemampuan, karakter, dan nilai – nilai yang luhur untuk menghadapi tantangan masa depan dan menjadi motor penggerak pembangunan bangsa.

Untuk mencetak generasi unggul, peningkatan kualitas pendidikan sangatlah penting dan tidak terlepas peran serta dari semua Stakeholder didalamnya yakni antara peran guru, orangtua dan masyarakat.

seperti halnya SMPN 1 Cilimus Kabupaten Kuningan yang dipimpin oleh Ida Nurhaeda, M. Pd, untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan visinya yaitu unggul dalam prestasi, agamis dan berbudaya lingkungan. Terbukti dengan beberapa prestasi yang diraih dari tahun ke tahun baik dibidang akademis maupun non akademis  baru – baru ini diantaranya juara 1 atletik putri, juara 2 Bulutangkis putri, juara 2 bulutangkis putra (tingkat kabupaten), juara 2 Pencak Silat (Wilayah Cirebon), juara 2 Black Muout Scout Competition SMK GK (Tingkat Jawa Barat), juara harapan 2 tari kreasi (tingkat kabupaten), juara 1 karate putri (tingkat kabupaten), juara pavorit lomba hadroh, juara 3 lomba poster digital (tingkat kabupaten) dan juara umum putri event jambore ranting kecamatan Cilimus.

Menurut Ida Nurhaeda, M. Pd, melalui wakasek kesiswaan yakni Agus Iskandar, M. Pd mengungkapkan ke wartawati media kuningan aksi saat diwawancarai diruang kerjanya (Rabu, 4 /10/23) mengatakan bahwa selama ini selain peran guru dalam mengembangkan bakat anak didik, orang tua pun ikut serta mendukung contohnya dengan cara mendaftarkan kursus anaknya ataupun ikut club ektrakulikuler lainnya diluar sekolah.

” Alhamdulillah hasil kerjasama dari semua pihak terutama dari ibu kepala yang selalu memberikan motivasi dan pembinaan terhadap guru – guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan sehingga tercipta prestasi yang begitu membanggakan ” tambahnya.

Tidak hanya itu Agus pun berharap frestasi yang didapatkan selama ini tetap bertahan dan bisa lebih ditingkatkan lagi.
Semoga kekompakan dari semua pihak terutama guru dan orang tua siswa tetap terjaga dan harmonis.

Terpisah menurut Ketua Komite zulhisby yang akrab di panggil bang zul saat di tanya terkait dengan kerjasama antara pihak sekolah dan komite ia mengungkapkan bahwa selama ini pihak nya selalu koordinasi dalam hal apapun.

“Kami komitte sekolah selama ini selalu singkron dengan Kepala sekolah dah para guru yg ada di smpn 1 cilimus,hal halkrusial ( untuk kemajuan sekolah) selalu kami musyawarahkan terlebih dahulu” tegasnya

Masih menurut zul, pendidikan adalah tanggung jawab semua pihak baik pihak sekolah, pemerintah dan masyarakat sehingga 3 elemen tersebut menjadi satu kesatuan untuk bersama sama sama meningkatkan mutu pendidikan.

” Apalagi saat ini marak perundungan atau bullying ( kekersan fisik ) antar pelajar, itu adalah tanggung jawab kita semua sebagai orangtua/masyarakat untuk sama sama mengawasi dan mengendalikan sehingga hal  hal tersebut tidak terulang lagi khusus nya di Kuningan umum nya sekolah di seluruh indonesia” pungkasnya