Berita  

SMPN 2 Darma menanamkan Pembiasaan peduli terhadap Lingkungan

KuninganAksi.com – Green School merupakan wujud sekolah yang dikemas sedemikian rupa sehingga seluruh aspek dari program sekolah diarahkan kepada pembelajaran dan pembiasaan peduli lingkungan.

Adapun bentuk green school adalah Terdapat pengelolaan sampah, baik untuk membuat kompos maupun dialihfungsikan menjadi karya seni. Melakukan penghematan sumber energi, seperti air dan listrik, dengan minimal menempel stiker imbauan di dekat keran air atau saklar listrik.

Seperti Hal nya SMPN 2 Darma merupakan salah satu sekolah yang termasuk katagori green school. Menurut pantauan redaksi bahwa sekolah tersebut menanamkan pembiasaan kepada anak untuk peduli terhadap lingkungan sadar akan lingkungan sebingga tujuan dari green school terealisasi dengan baik.

Ada tiga langkah yang harus dilakukan untuk mewujudkan sekolah hijau, yaitu pengembangan kurikulum berwawasan lingkungan, pengembangan sistem pendukung yang ramah lingkungan, dan pengembangan manajemen sekolah berwawasan lingkungan.

Menurut Kepala Sekolah tersebut yakni Ika Sartika M.Pd saat di tanya tentang program Sekolah hijau ( Green School) mengatakan bahwa pihak nya menjaga hubungan baik dengan semua pihak guna terealisasi program tersebut.

” kami selalu koordinasi dan kerjasama dengan semua pihak dalam hal apapun sehingga program program yang ada di sekolah berjalan sesuai harapan kita semua ” ungkapnya

Masih menurutnya Kebersihan lingkungan sekolah akan memengaruhi kesehatan Tak hanya itu, sekolah yang bersih juga dapat menaikkan nilai akademis dan semangat belajar Siswa. Menjaga kebersihan lingkungan rumah, sekolah, dan alam sekitar adalah salah satu tanggung jawab terhadap lingkungan. Sangat penting untuk menjaga kebersihan sekolah agar siswa tetap aman dan nyaman selama berada di lingkungan Sekolah.

Terpisah, menurut salah satu orang tua siswa saat di tanya tetang Sekolah tersebut bahwa banyak perubahaan yang signifikan terutama dalam hal kebersihan dan penataan lingkungan