Berita  

SMPN 2 Cimahi Sebagai Sekolah penggerak mendorong kreatifitas siswa dan guru

KuninganAksi.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) meluncurkan program Sekolah Penggerak, sebagai salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa yang mencakup kompetensi literasi dan numerasi serta karakter.

sekolah penggerak adalah sekolah yang memiliki kepala sekolah yang tak hanya bisa mengatur operasional suatu sekolah, melainkan juga bisa mengerti proses pembelajaran siswa dan menjadi mentor untuk guru-guru di sekolah.

Sama Hal nya dengan SMPN 2 Cimahi yang mana sekolah tersebut salah satu sekolah penggerak yang ada di Kabupaten Kuningan.

Menurut Kepala Sekolah Tersebut Mila Novira saat di wawancara di ruang kerjanya mengatakan bahwa pihak nya bersama sama dengan guru untuk mewujudkan komitmen nya sebagai sekolah penggerak dengan menggunakan kurikulum merdeka.

‘ saat ini sekolah menggunakan kurikulum merdeka dan ini memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih minat belajar mereka, mengurangi beban akademik, dan mendorong kreativitas guru ” ungkapnya

Mila mengungkapkan dengan adanya Program Sekolah Penggerak memberikan banyak manfaat bagi para guru di sekolahnya, khususnya dalam membuat materi pembelajaran. Salah satu contohnya, para guru diarahkan untuk membuat modul ajar, merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dan merancang praktik pembelajaran untuk melihat karakteristik peserta didik.

Sebagai sosok yang terpilih menjadi kepala sekolah penggerak, Mila juga harus menyiapkan guru-guru yang unggul, memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial yang baik.

Sebagai kepala Sekolah yang lahir dari guru penggrak Mila juga merangkul semua pihak sehingga kondusifitas terjaga dengan baik.

Terpisah menurut salah satu guru yang ada di sekolah tersebut  sosok mila novira berbeda dengan kepala sekolah sebelumnya yang mana ia betul betul memahami menejerial kepala sekolah dengan melaksanaka Fungsi kepala sekolah sebagai manajer di sekolah mengelola sekolah mulai dari perencanaan program kerja sekolah, mengelola dan mendayagunakan Sumber Daya Manusia (SDM) ataupun sarana prasarana yanga ada, melaksanakan program yang telah dirancang bersama, mengontrol dan mengevaluasi pelaksanaan program sekolah.

” Bu mila ini sosok pemimpin yang merangku bukan memukul, sehingga kami rekan rekan guru pun nyaman saat berada di lingkungan sekolah” tegasnya