Berita  

Sebanyak 90 Siswi SMP dan SMA Mengikuti Gebyar Fe Morning Aksi Bergizi

Kuninganaksi.com – Dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran  siswi dalam membiasakan konsumsi TTD (Tablet Tambah Darah), makan makanan dengan menu gizi seimbang dan aktivitas fisik, 90 siswi SMP dan SMA mengikuti kegiatan Gebyar Fe Morning Aksi Bergizi, kegiatan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Apel pagi yang dimana Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH bertindak selaku Pembina upacara,  di di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan, Senin (23/10/2023)

Gebyar Fe Morning Aksi Bergizi ini merupakan salah satu implementasi rencana tindak lanjut dari program puspa (puskesmas terpadu dan juara). Program tersebut adalah inovasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Pada tahun 2023 Kabupaten Kuningan telah terpilih menjadi lokus program puspa yang tersebar di sepuluh Puskesmas sebagai lokus.  Adapun salah satu indikator program puspa yaitu cakupan konsumsi tablet tambah darah pada remaja putri

Pada kesempatan tersebut Bupati Kuningan menyampaikan, pentingnya pola hidup sehat dan gizi seimbang. Bupati Acep mengatakan bahwa pola hidup sehat dan gizi seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan produktivitas

“Gerakan aksi bergizi merupakan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran siswi mengkonsumsi fe atau tablet tambah darah (ttd), konsumsi gizi seimbang dan aktifitas fisik bagi anak sekolah. remaja putri yang akan menjadi calon ibu harus sehat dan bebas dari anemia agar dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang unggul dan cerdas,” ucap Bupati Acep.

Lebih lanjut Bupati menekankan untuk kebelangsungan program aksi bergizi, dibutuhkan sinergi dari semua pihak. tidak hanya dari tenaga kesehatan, tetapi juga seluruh OPD dan pihak eksternal yang terkait. khususnya komitmen sekolah untuk melaksanakan kegiatan aksi bergizi secara rutin (setiap minggu).

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang sudah mendukung kegiatan Gebyar Fe Morning Aksi Bergizi pada hari ini, semoga dapat meningkatkan perhatian kita semua tentang pentingnya kegiatan aksi bergizi yang berkelanjutan guna memastikan anak didik sehat dan bebas anemia. sehingga diharapkan mampu mempersiapkan generasi mendatang yang sehat dan terhindar dari stunting serta mewujudkan Kuningan Maju dan Sejahtera,” ungkap Bupati Acep.

Selanjutnya Bupati Kuningan secara resmi membuka kegiatan Gebyar Fe Morning Aksi Bergizi, dan dilanjutkan dengan pemberian tablet penambah darah secara simbolis kepada beberapa siswi, yang dilakukan oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH,  Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Ketua TP PKK Hj. Ika Siti Rahmatika, SE, dan Wakil TP PKK Hj. Yuana Woelansari, SH.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian bersama tentang pentingnya melaksanakan kegiatan aksi bergizi secara rutin satu minggu sekali di sekolah sebagai bentuk upaya meningkatkan gizi remaja serta mencegah anemia pada remaja putri, sehingga mendukung pencegahan stunting secara nasional dan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran peserta didik dalam melakukan upaya pencegahan stunting yang bisa dilaksanakan secara rutin di sekolah melalui empat intervensi kegiatan utama, yaitu  senam pagi atau aktivitas fisik bersama, sarapan bersama dengan menu gizi seimbang, konsumsi tablet tambah darah (ttd), dan edukasi kesehatan.

Gebyar Fe Morning Aksi Bergizi ini selanjutnya  akan dilaksanakan kepada seluruh siswi sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) dan siswi sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) di 32 Kecamatan