Berita  

Sebanyak 8 Desa di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mengalami kekeringan karena musim kemarau berkepanjangan

KuninganAksi. Com – Pendistribusian air bersih merupakan bentuk kepedulian kepolisian terhadap masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih dampak kekeringan. Kepolisian Resor Kuningan Polda Jawa Barat memberikan bantuan air bersih sebanyak 10.000 liter kepada warga Desa Karangbaru Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan, Kamis (21/9/2023).
Saat ini tercatat sebanyak 8 desa di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mengalami kekeringan karena musim kemarau berkepanjangan. Akibatnya, banyak warga mengalami kesulitan air bersih selama hampir 2 bulan terakhir. Atas kondisi tersebut, Polres Kuningan kembali menyalurkan air bersih kepada warga.
Kapolres Kuningan, AKBP Willy Andrian mengatakan, pendistribusian air bersih ini sebagai sebagai salah satu arahan Kapolri melalui program Polri Peduli Lingkungan. Sehingga saat ada musibah kekeringan, maka kepolisian melakukan pendataan untuk pembagian air bersih.
“Kami dari Polres Kuningan melaksanakan program Polri Peduli Lingkungan. Yakni memberikan bantuan air berih kepada warga yang mengalami kesulitan air bersih,’ kata Willy kepada awak media.
Willy menyebut, penyaluran air bersih dibagikan bagi warga di Dusun Cimahi dengan total 10 ribu liter air. Seluruh air bersih yang dibawa dengan 2 tangki ludes dibagikan hanya beberapa menit saja.
“Alhamdulillah hari ini kami menyalurkan air bersih, semoga dapat meringankan dan bermanfaat bagi masyarakat. Memang sudah beberapa bulan ini mengalami kekeringan, khususnya dari persoalan kesulitan air bersih,” ungkap Willy.
Pihaknya berkomitmen, akan terus bersinergi dengan TNI dan Pemerintah Daerah Kuningan melalui program Polri Peduli Lingkungan. Sehingga dapat kembali membantu masyarakat, salah satunya dengan pendistribusian air bersih ke wilayah lain.
“Semoga nanti dapat membantu masyarakat di kecamatan lain dalam menyalurkan air bersih secara berkelanjutan. Ini merupakan kegiatan ketiga kali, pertama di wilayah Kramatmulya dan kedua di Lebakwangi. Semoga kita semua berdoa agar kekeringan ini cepat berakhir, dan beban masyarakat terdampak kesulitan air bersih bisa teratasi,” ujar Willy.
Sementara itu, salah seorang warga Cuncun (45) menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Polres Kuningan yang telah membantu air bersih. Cuncun mengatakan, kurang lebih selama dua bulan dirinya kekurangan air bersih. Selama ini, dirinya dan warga di dusun tersebut harus mengambil air di rumah saudara atau sumur yang ada di masjid.
“Alhamdulillah, hari ini dibantu air bersih dari polisi. Ini bisa digunakan untuk masak dan keperluan lainnya. Sudah dua bulan kami kekurangan air bersih. Kalau untuk mandi sih suka ikut ke rumah orang tua atau saudara. Sumur di sini sudah pada kering,” ungkap Cuncun.