Berita  

Sebanyak 6.000 durian akan disajikan dalam event Festival Durian 2024 yang akan digelar di Desa Wisata Cibuntu

Sebanyak 6.000 durian akan disajikan dalam event Festival Durian 2024 yang akan digelar di Desa Wisata Cibuntu, Pesawahan, Kabupaten Kuningan, Sabtu 24 Februari 2024. Durian ini dikumpulkan dari seluruh pelosok Kuningan yang disiapkan sejak dua bulan lalu.

Pj Bupati Kuningan Iip Hidajat mengatakan, penyelenggaraan Festival Durian sudah sangat siap. Dirinya sudah turun langsung untuk memeriksa kesiapan seluruh elemen dalam event skala nasional ini.

“Ini bentuk keseriusan kita melaksanakan kegiatan Festival Durian. Kita siapkan 6,000 durian dengan kualitas yang sudah dipersiapkan secara baik. Kita siapkan durian dari petani dan para pengepul, kita tampung dan dijual di Festival Durian,” kata Iip di Desa Cibuntu, Pesawahan, Jumat 23 Februari 2024.

Iip mengatakan, Pemkab Kuningan sudah mempersiapkan Festival Durian secara matang. Bahkan pihaknya sudah mengantisipasi kalau ada masalah yang timbul, misalkan kekurangan durian, lalu lintasnya macet karena yang datangnya membludak, masyarakat setempat pun sudah dilatih dalam menyambut kedatangan orang luar.

“Kita sudah mitigasi, antisipasi, edukasi, sosialisasi. Hari ini kita gladikan, artinya siapa berbuat apa sudah terjadi di lapangan. Akses jalan rusak atau bolong, sudah diselesaikan PU. Lalu Dishub melakukan rekayasa jalan. Kita siapkan terminal wisata, lalu dari situ diangkut menggunakan Kemuning dan odong-odong atau mobil offroad. Sedangkan kesehatan pun sudah bertugas, ada dua mobil ambulans dan oksigen untuk mengantisipasi kedaruratan. Semuanya sudah siap,” jelasnya.

Iip berharap acara Festival Durian tidak terkendala oleh hujan. Dirinya berharap acara bisa memberikan kebahagian untuk semua.

“Yang hadir bahagia, panitia bahagia, desa juga bahagia, semuanya bahagia. Mudah-mudahan bisa memenuhi harapan penggemar durian,” ujarnya.

Iip menuturkan, sampai Jumat sore sudah tercatat ada 600 peserta yang daftar secara online. Namun ada juga sejumlah orang yang menyampaikan konfirmasi akan hadir secara langsung.

“Kita antisipasi kedatangan mereka yang datang secara manual. Mereka harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan panitia. Imbauannya, karena acara ini sifatnya festival atau pesta, semuanya nyaman. Saya berharap pengunjung dapat menikmati dan mengikuti aturan,” tutupnya