Berita  

Sebanyak 1500 Guru Hadiri Pembukaan rangkaian kegiatan HUT Ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2023

Kuninganaksi.com_Memperingati Hari Guru Nasional  dan HUT PGRI ke 78 tahun 2023 yang akan diselenggarakan 25 November mendatang, PGRI Kabupaten Kuningan menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan hari besar bagi para tenaga pendidik tersebut.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH hadir di gedung Student Center Universitas Kuningan untuk membuka rangkaian kegiatan dengan tajuk “Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju” , Kamis (02/11/2023)

Hadir pada kesempatan tersebut, perwakilan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kuningan, beberapa Kepala OPD, dewan pendidikan dan kepengurusan PGRI Kabupaten Kuningan.

Pembukaan rangkaian kegiatan HUT RI ke 78 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2023 PGRI itu dihadiri oleh setidaknya 1.500 guru dari berbagai jenjang pendidikan SD sederajat dan SMP sederajat se-Kabupaten Kuningan.

Wakil Ketua PGRI Kuningan, Dadi Hernadi S.Pd selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan anggota serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dan anggota kepada PGRI sebagai organisasi Profesi guru.

“Juga sebagai ajang untuk meningkatkan kreatifitas, profesionalisme dan dedikasi guru dalam menjalankan tugas profesionalnya mempersiapkan SDM sebagai basis terwujudnya generasi emas Indonesia 2045” lanjut Dadi.

Adapun sambutan Ketua PGRI Kuningan H. Pipin Mansur A, S.Pd., M.Pd, menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati Kuningan yang selalu memberikan support terhadap berbagai kegiatan yang dilakukan oleh PGRI.

“Hal ini merupakan penghargaan dari Pak Bupati terhadap para guru sebagai tenaga pendidik. Dimana beliau senantiasa berkomitmen untuk pengembangan kompetensi mutu dan gerak langkah guru di Kabupaten Kuningan. Salah satunya adalah penguatan kembali komitmen Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan” ujar Pipin.

Pipin melanjutkan bahwa PGRI tidak bisa berdiri sendiri untuk membangun kualitas pendidikan, untuk itu pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada beberapa SKPD, akademisi, Sekolah dan Perguruan tinggi, dewan pendidikan dan berbagai stakeholder yang telah berkolaborasi bersama membangun kondusifitas pendidikan di Kabupaten Kuningan.

Sebelum dibuka secara resmi, ditampilkan teatrikal dari seorang guru bernama Muhammad Sekar Aji, Guru SDN Cilebu- Pancalang, bersama beberapa anak Sekolah Dasar yang memberikan bunga kepada Bupati Acep dan diiringi lagu “Terimakasihku”, Ciptaan Sri Widodo, sebagai simbol terimakasih kepada Bupati Acep yang senantiasa peduli terhadap guru di Kabupaten Kuningan.

Selanjutnya Bupati Acep menyampaikan bahwa PGRI sebagai organisasi profesi, perjuangan, dan ketenagakerjaan, harus terus menerus berupaya meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru, hanya dengan komitmen itu PGRI akan menjadi organisasi yang berwibawa dan dicintai oleh para anggotanya.

“Wujudkan komitmen itu dalam bentuk program-program yang menyentuh kebutuhan guru, program-program yang dapat memberikan pencerahan bagi guru, sehingga para guru lebih meningkat kinerjanya dan pada akhirnya, dapat mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan” ucap Acep.

Acep juga meminta untuk menjadikan kegiatan ini menjadi wahana silaturahmi untuk mempererat persatuan dan kesatuan dan tumbuh kembangnya potensi yang dimiliki para guru.

Kemudian Bupati Acep didampingi oleh undangan yang hadir, memukul gong sebagai simbolis rangkaian HUT PGRI ke 78 di mulai.

Adapun rangkaian kegiatan HUT PGRI ke 78 ini antara lain Diklat peningkatan mutu guru yang akan diselenggarakan selepas Pembukaan bertempat di Student Centre UNIKU. Di hari yang sama ada perlombaan Bola Voli Putera dan Puteri dan lomba menyanyi solo. Di Hari Sabtu akan diselenggarakan Lomba senam PGRI, pada tanggal 18 November diselenggarakan Jalan Sehat PGRI di KIC, dilanjutkan bakti sosial dan literasi pada 23 November di Cipicung dan akan ditutup dengan Upacara HUT ke 78 PGRI tingkat Kabupaten Kuningan 25 November nanti di Kecamatan Mandirancan.