Berita  

Polres Kuningan meresmikan Kampung Bebas Narkoba

KuninganAksi.com-Polres Kuningan meresmikan Kampung Bebas Narkoba di Desa Padarek Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan, Rabu (23/8/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asda 1, Kejari Kuningan, Perwakilan PN Kuningan, Kepala BBN Kabupaten Kuningan,  Camat Kuningan, Danramil Kuningan, Kepala Puskesmas Kuningan, Kepala Desa se-Kecamatan Kuningan, para penggiat anti narkoba serta tamu undangan lainnya.

Tujuan pembentukan dan pembinaan kampung bebas narkoba ini yaitu sebagai implementasi kebijakan Kapolri dalam program Quick Wins Presisi 2023.

Pembangunan kampung bebas narkoba akan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan disesuaikan dengan kondisi yang ada, baik dengan pendekatan preemtif, preventif maupun represif.

Hal tersebut di sampaikan  Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian saat memberikan sambtannya pada kegiatan Launching dan Deklarasi Kampung Bebas Narkoba.

Kapolres berharap, kampung bebas narkoba tersebut menjadi contoh untuk desa lainnya agar bersama memerangi narkoba.

“Indikator keberhasilan kampung bebas narkoba yaitu kemandirian masyarakat, peran aktif dan sinergitas stakeholder, pengungkapan kasus atas peran aktif masyarakat, serta adanya kegiatan nyata yang menyentuh sasaran,” ujar Kapolres.

Pembentukan dan pembinaan kampung bebas narkoba tersebut, kata Kapolres, sebagai salah satu upaya Polri khususnya Polres Kuningan dengan pendekatan sampai tingkat desa dalam upaya pencegahan dan penyalahgunaan dan juga pemberantasan narkoba yang terjadi di masyarakat ,termasuk melakukan kolaborasi lintas sector yaitu pemerintah, kepolisian, TNI serta partisipasi aktif dari masyarakat.

Hasilnya diharapkan dapat menciptakan dampak positif dalam mlawan peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Kuningan.
Kapolres mengakui, masih ada beberapa wilayah yang angka penyalahgunaan narkobanya masih cukup tinggi di antaranya Kecamatan Kuningan, Kecamatan Jalaksana dan Kecamatan Cilimus. Akan tetapi, pihaknya berkomitmen akan terus memberantas peredaran narkoba.

“Kami juga meminta kepada masyarakat untuk tidak takut melaporkan Ketika mengetahui adanya tindak pidana penyalahgunaan narkoba, Jangan takut untuk melapor yaa,Kami akan jaga kerahasiaan pelapor,” jelas kapolres

Kapolres berharap deklarasi kampung bebas narkoba di Desa Padarek Kecamatan Kuningan dapat menjdi contoh isnpiratif dan motivasi dalam upaya melindungi generasi muda dan menciptakan lingkungan yang bersih dari peredaran narkoba.

Peresmian dirangkai deklarasi seluruh warga Desa Padarek dan tamu undangan yang hadir untuk turut serta membersihkan wilayahnya dari narkoba, penandatanganan deklarasi kampung bebas narkoba, pemberian santunan kepada warga yang membutuhkan dan tanda tangan warga serta tamu undangan di papan yang telah disediakan.