Berita  

Pisah sambut kadisdik baru dengan kadisdik lama

Kuninganaksi.com-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan menggelar acara pisah sambut Kepala Dinas, yang sebelumya dijabat oleh Drs. H. Uca Somatri, M.Si sekarang dijabat oleh U. Kusmana, S.Sos., M.Si bertempat di Mayang Cathering Rabu (04/10/2023).

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si turut hadir menyaksikan acara pisah sambut dan pelepasan Purna Bhakti pegawai Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Kuningan tersebut.

Sekda Dian mengatakan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kawah candradimuka dan persoalannyapun sangat kompleks, untuk itu pihaknya meminta kepada Kepala Dinas yang baru untuk mentradisikan hal-hal yang bagus.

“Janganlah kita sebagai pendidik hanya melakukan kegiatan yang berupa rutinitas saja, karena tugas sekolah tidak hanya menciptakan anak yang pintar saja, tetapi bagaimana harus bisa membentuk otak kiri dan otak kanan anak didik kita agar lebih seimbang sehingga menghasilkan Pendidikan yang paripurna”. Ucap Sekda.

Lebih lanjut Sekda Dian menyampaikan bahwa ditengah adanya kejadian perundungan terhadap siswa di kabupaten kuningan agar dapat diambil langkah taktis untuk mencegah perundungan.

“Sekolah tidak hanya mencetak anak menjadi pintar, tetapi bagaimana anak itu menjadi berkembang secara mental dan budipekerti dengan menerapkan nilai-nilai religiusitas dan kecerdaskan emosional” Tutur Sekda Dian.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Dian juga menyampaikan selamat menikmati fase baru kepada para aparatur yang telah memasuki masa pensiun.

U. Kusmana, S.Sos., M.Si Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang baru menyampaikan ada 6 agenda besar yang akan dilakukan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, yaitu : Memenuhi Target RPJMD, Menjadikan Kuningan menuju Kabupaten Pendidikan, menargetkan Kuningan sebagai Kabupaten Angklung, Pemerataan kualitas SDM tenaga pendidik, Pemerataan Kualitas Sekolah dan Pemerataan Kualitas Sarana dan Prasarana Sekolah.

“Selain itu rencana kedepan juga akan  diluncurkan Program Pimda Nyawah (Pimpinan Daerah Menyapa Siswa di Sekolah ) dalam rangka mengedukasi siswa dan dapat mencegah perundungan” Ujar U Kusmana

Sementara itu Drs. H. Uca Somatri, M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang lama menyampaikan bahwa Selama 3 tahun 8 bulan dirinya bertugas di Disdikbud Kabupaten Kuningan banyak memori yang tersimpan. Pada kesempatan tersebut, Uca Soemantri juga mengucapkan permohonan maaf, apabila ada yang kurang berkenan .

“Saya juga ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas sokongan dan dukungannya selama saya bertugas.  Walaupun kita berpisah tempat namun jalinan kekeluargaan selama ini akan tetap berjalan” Tutup Uca penuh haru.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemberian cenderamata kepada Kepala Dinas yang lama dan kepada 4 orang pegawai yang telah Purna Bhakti.