Berita  

Pelaksanaan ODF Tingkat Kecamatan, Begini Kata Bupati

MALEBER-Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH di dampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Susi Lusiyanti, MM menyaksikan Deklarasi ODF (Open Defecation Free) Tingkat Kecamatan Maleber yang terdiri dari 5 Desa diantaranya Desa Mekarsari, Desa Dukuhtengah, Desa Maleber, Desa Kutaraja dan Desa Ciporang yang bertempat di Aula Kantor Balai Desa Mekarsari Kecamatan Maleber. Senin (20/11/2023).

Bupati Kuningan, H Acep Purnama, menyatakan bahwa Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, telah dinyatakan bebas dari buang air besar sembarangan. Dalam deklarasi tersebut, Bupati mengatakan bahwa keberhasilan 5 desa di Kecamatan Maleber yang hari ini deklarasi ODF merupakan hasil kerja keras dari seluruh pihak, termasuk pemerintah daerah, masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyrakat. Ia berharap deklarasi ODF ini dapat menjadi contoh bagi desa lain di kKecamatan Meleber yang belum ODF.

“Kami pemerintah daeah akan terus mendukung upaya-upaya untuk mewujudkan Kabupaten Kuningan yang bebas dari buang air besar sembarangan di seluruh kecamatan di Kabupaten Kuningan diantaranya dengan membangun sarana sanitasi yang layak di seluruh desa dan kelurahan serta melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya sanitasi serta”, terangnya.

Lebih lanjut Ia berharap di tahun 2023 ini Kuningan menjadi Kabupaten ODF  dengan menerapkan 6 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) dalam mewujudkan Kabupaten Kuningan sebagai kabupaten yang Maju Tahun 2023. Dengan ODF, masyarakat Kuningan dapat menikmati kualitas hidup yang lebih baik.