Berita  

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Kuningan Dibuka Secara Resmi

Dalam rangka persiapan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, Bupati Acep membuka secara resmi Pemusatan Pendidikan dan Latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Wisma Permata Kuningan. Pembukaan yang dilaksanakan tersebut menandai komitmen kuat Kabupaten Kuningan dalam mendidik dan melatih generasi muda untuk mengibarkan Bendera Pusaka dengan kehormatan dan semangat kebangsaan yang tinggi, Kamis (10/08/2023).

Dalam laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Pusdiklat, H. Mohamad Budi Alimudin, yang juga merupakan Kepala Badan Kesbangpol mengungkapkan bahwa proses sosialisasi calon anggota dilaksanakan pada 12 Februari lalu dan seleksi anggota Calon Paskibraka telah melibatkan lebih dari 300 siswa/siswi setingkat SMA.

“Melalui serangkaian tahapan seleksi yang ketat, 46 calon terbaik berhasil terpilih. Dimana 45 orang bergabung dalam Paskibraka Kabupaten Kuningan dan 1 orang menjadi perwakilan anggota Paskribaka Tingkat Provinsi Jawa Barat” ungkap Kepala Kesbangpol.

Beliau juga menambahkan bahwa hal ini menjadi langkah nyata dalam melahirkan kader-kader bangsa yang akan tumbuh menjadi pemimpin berkarakter Pancasila dan memiliki peran aktif dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia.

“Dengan dimulainya Pemusatan Pendidikan dan Latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, menjadi bukti nyata semangat dan dedikasi generasi muda dalam mengambil peran penting dalam perayaan kemerdekaan bangsa” Imbuhnya, yang juga merupakan kali pertama menangani Paskibraka, setelah sebelumnya berada di naungan Dinas Pemuda Olahraga dan pariwisata yang alih tugasnya sesuai dengan PP No 51 tahun 2022.

Pada kesempatan tersebut, Bupati berpesan, kepada adik-adik Paskibraka agar dapat mengikuti diklat dengan serius demi masa depan serta kepentingan nusa bangsa dan negara.

“Jaga kesehatan dan tanamkan prinsip bahwa kegiatan yang kita ikuti harus dilandasi dengan ikhlas, dengan ini saya sampaikan juga selamat kepada Ananda Muhammad Gifar dari SMA Negeri 1 Ciniru yang telah lolos seleksi paskibraka sekaligus mewakili Kabupaten Kuningan ditingkat Provinsi Jawa Barat. Serta kepada jajaran panitia kami sampaikan terima kasih, dan kepada adik-adik paskibraka selamat berjuang semoga perjuangan dan darma bhakti adik-adik mendapat perlindungan Allah SWT,” tuturnya.

Kemudian, sebagai kader bangsa pasukan pengibar bendera pusaka, kata Bupati, sudah merupakan kader terpilih karena memerlukan wawasan dan kemampuan yang prima dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai pengibar bendera pusaka, oleh karena itu, pihaknya meminta untuk lebih memantapkan lagi keberadaannya salah satunya melalui kegiatan diklat ini.
“Sebagaimana kita maklumi bahwa sebentar lagi kita akan memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia yang akan dilaksanakan secara langsung di Stadion Mashud Wisnusaputera untuk tingkat Kabupaten Kuningan. Dimana pelaksanaannya tidak bisa lepas dari keberadaan pasukan pengibar bendera pusaka oleh karena itu kami menyambut baik sekali terhadap kiprah dari pasukan pengibar bendera ini disertai ucapan terimakasih dan penghargaan yang setingi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan pusdiklat ini,” Tutup Acep