Berita  

Musyawarah KMK, Sekda Kuningan : Janganlah Menjadi Generasi Stroberi

kuninganaksi -Janganlah menjadi generasi stroberi, yaitu generasi yang penuh dengan gagasan kreatif tapi disisi lain mudah menyerah dan rapuh saat menghadapi masalah. Pemilihan istilah stroberi di sini memiliki kesesuaian antara buah stroberi dengan karakteristik generasi yang terlihat kreatif namun memiliki jiwa yang rapuh. Pada buah stroberi, ini sesuai dengan buah yang terlihat indah dari luar namun mudah hancur karena teksturnya yang lembek.

Hal ini disampaikan Sekda Kabupaten Kuningan, Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, yang mengutip pernyataan Prof. Rhenald Kasali, ketika memberikan motivasi pengembangan diri mahasiswa  pada acara membuka Musyawarah Luar Biasa Kelurga Mahasiswa Kuningan (KMK) Bandung Raya, dihadiri oleh berbagai komisariat dari UIN, Politeknik Bandung, UNPAD, ITB, Telkom, UNPAS, UNINUS, UIN Bandung, dan Alumni KMK.  di Ruang Banggar DPRD Kuningan, Sabtu 6 Januari 2025.

Sekda Dian mengatakan, sebagai mahasiswa harus memiliki karakter yang tangguh, jangan memiliki jiwa yang rapuh, tidak mudah putus asa, memiliki kedisiplinan, keberanian, mengembangkan kemampuan, meningkatkan pengetahuan dan wawasan, memperluas pergaulan, dan mengasah kemampuan sosial. Karakter ini, salah satu caranya bisa terbentuk melaui organisasi.

Sekda Dian juga  menyampaikan 4 pesan point penting,  bahwa mahasiswa perlu menjaga sikap kritis dengan  memberikan solusi, sambil mempertahankan idealisme. Mahasiswa diminta untuk memiliki sikap kolaboratif dan membuka jejaring, karena keberhasilan tidak hanya bergantung pada kemampuan individu, tetapi juga kerja sama.

“Selain itu, keterampilan berkomunikasi yang baik menjadi hal penting dalam menyampaikan ide dan gagasan dengan efektif. Dan kreatif dan inovasi, dalam dunia yang terus berkembang. Kreativitas dan inovasi menjadi daya dorong untuk menciptakan perubahan positif,” tambahnya.

Dalam musyawarah ini, Sekda Dian berpesan susunlah program dan  kegiatan  yang memiliki nilai manfaat bagi anggota dan masyarakat dengan mudah terjangkau tanpa ngawang-ngawang. Sehingga tidak hanya rencana, namun bisa diselenggarakan. Bukan seberapa besar kecilnya kegiatan, namun lebih penting tingkat kemanfaatnnya dapat dirasakan.

Sekda Dian menuturkan kemanapun kalian melangkah, jangan pernah lupakan Kuningan sebagai lemah cai dengan memberikan kontribusi. Teruslah menuntut ilmu akadmis, namun penting juga untuk berorganisasi,  sebagai modal  dalam membentuk karakter yang kuat.

Lebih lanjut, Muhammad Syam Abdurahman, Ketua Pelaksana Acara, menjelaskan dengan musyawarah ini, akan kembali tersusun kepengurusan baru KMK yang bertujuan  membawa semangat dan perubahan positif. Berharap  dapat memberikan dorongan bagi organisasi ini untuk kembali aktif dan mengalami pertumbuhan yang positif sesuai tema Kembali Peran KMK Bandung Raya sebagai Kotalisator yang solid dan visioner.

Menurutnya, mahasiswa Kuningan yang kuliah di Wilayah Bandung Raya  jumlahnya ratusan, maka sinergitas dengan pemerintah daearah untuk terus dibangun. “Terimkasih Pemda Kuningan sudah memberikan dukungan Sekretariat di Cibiru, Bandung. Begitu juga, hadirnya Pak Sekda, bagi kami adalah motivasi bagi generasi muda untuk melakukan sumbangsih bermanfaat untuk oragnisasi dan masyarakat,” ucapnya.