Berita  

Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 49 tingkat Kabupaten Kuningan di gelar di DTW Waduk Darma

Kuninganaksi.com -Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 49 tingkat Kabupaten Kuningan di gelar. Sebanyak 625 peserta mengikuti perlombaan dengan 6 kecabangan pertandingan dan merupakan perwakilan dari setiap Kecamatan se-Kabupaten Kuningan. Acara pembukaan berlangsung di DTW Waduk Darma. Penyelenggaraan akan berlangsung selama 2 hari, Rabu dan Kamis, yang tersebar di 18 venue di 7 Desa di Kecamatan Darma.

Penjabat Bupati, Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, M.Pd secara resmi membuka ajang perlombaan MTQ tahunan dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran yang bekerja sama dengan Bagian Kesra Sekretariat Daerah tersebut, Rabu (21/02/2024).

Pembukaan semarak diawali dengan Seni Rudat. Turut hadir Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian setda, camat, pejabat struktural lingkup Pemda Kuningan, Ketua organisasi keagamaan, Ketua TP PKK bersama anggota, Ketua Dharma Wanita Persatuan bersama anggota dan ibu-ibu Muslimat NU.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kuningan, yang juga Sekretaris Daerah, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si selaku ketua panitia menyebutkan bahwa MTQ ini diharapkan dapat melahirkan Qori dan Qoriah terbaik yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada allah SWT.

“Kami harapkan agar melalui perlombaan MTQ ke 49 ini dapat meningkatkan prestasi di Kabupaten Kuningan dalam hal keagamaan, sehingga menguatkan Kuningan sebagai Kabupaten yang agamis” Papar Dian.

Dian melanjutkan bahwa pada gelaran MTQ tahun ini mengangkat tema “Melalui MTQ ke 49 tingkat Kabupaten Kuningan kita wujudkan Kabupaten Kuningan yang agamis” dan akan mempertandingkan 6 kecabangan.

“Adapun 6 jenis perlombaan yang akan dipertandingkan meliputi cabang seni Baca Al-qur’an, cabang hapalan al-qur’an, cabang fahmil al-qur’an, cabang syahril al-qur’an, cabang seni kaligrafi al-qur’an dan cabang karya tulis ilmiah al-qur;an” Ujar Dian.

Sebelum di buka secara resmi, Iip Hidajat berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan hikmah tersendiri bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan sehingga masyarakat menjadi manusia yang beriman sekaligus memacu agar umat muslim gemar dan cinta membaca al quran.

“MTQ merupakan langkah untuk mendapatkan Qori-Qoriah putera puteri terbaik Kabupaten Kuningan yang akan dipersiapkan untuk menjadi duta Kabupaten Kuningan untuk berlaga pada MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat” Kata Iip.

Iip berharap agar penyelenggaraan MTQ ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, obyektif dan dapat dipertanggung jawabkan, jauh dari unsur  kolusi dan nepotisme.

“Kita berharap melalui penilaian yang ketat dapat menghasilkan produk juara yang dapat dipertanggungjawabkan. Kita juga berharap agar para jawara memiliki pondasi agama yang kuat sehingga menjadi contoh di lingkungannya masing-masing” Tutur Iip.

Tak lupa Iip mengucapkan terimakasih kepada Camat Darma dan PT Jaswita, pengelola wisata Waduk Darma karena telah memberikan izin tempat, berikut fasilitas, sarana dan prasarananya dalam pembukaan MTQ ke 49 tingkat Kabupaten Kuningan.

Acara dilanjutkan dengan penabuhan bedug oleh Pj Bupati Iip Hidajat yang secara resmi membuka MTQ ke 49 tingkat Kabupaten Kuningan. Diserahkan pula Piala bergilir dari Pj Bupati kepada Ketua PLTQ Kuningan.  Besok, ditempat yang sama penutupan MTQ ke 49 tingkat Kabupaten Kuningan akan digelar. Sementara pembukaan dimulai, para peserta sudah melaksanakan berbagai kecabangan olahraga di Venue yang telah ditentukan.