Berita  

Modus Penipuan dengan Mengatasnamakan Pejabat kembali terjadi

KUNINGANAKSI.COM- Aksi penipuan dengan mengatasnamakan pejabat kembali terjadi. Kali ini, pelaku mengaku sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kuningan. Modusnya melalui WhatsApp yang dikirim ke salah satu pengurus DKM Masjid yang ada disalah satu desa dengan menawarkan donasi untuk pembangunan masjid.

Pelaku penipuan menggunakan foto profil Sekda Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si dengan nomor Handphone: 081 895 2230 9673 modus yang digunakan  pelaku  mengirimkan pesan melalui WhatsApp dengan memulai percakapan, Apa benar ini dengan Pengurus/Panitia Pembangunan Masjid Al Hikmah (red. sepertinya pelaku tahu DKM yang jadi sasaran).

Setelah ada balasan, pelaku melanjutkan Baik, Pak. Maksud dan tujuan saya menghubungi bapak hanya ingin berdonasi untuk pembangunan. Selanjutnya pelaku meminta  sejumlah uang terlebih dahulu kepada korban untuk ditransfer melalui salah satu bank.

Kejadian ini mendapatkan respon langsung setelah menerima laporan dari salah satu pengurus DKM yang dihubung pelaku. Sekda Kabupaten Kuningan Dr. H Dian Rachmat Yanuar MSi menegaskan, bahwa pesan melalui WhatsApp yang menggunakan no Handphone tersebut palsu. “Saya merasa prihatin dengan upaya penipuan semacam ini yang dapat merugikan masyarakat dan mencemarkan nama baik,” ungkap Sekda Dian, Selasa (21/11/2023).

Sekda Dian mengimbau, kepada  masyarakat, khususnya para kepala desa, pengurus pondok pesantren, dan Pengurus DKM atau Mushola, dan lainnya    untuk berhati-hati terhadap upaya penipuan dengan modus serupa dan untuk melakukan verifikasi kepada pemerintahan setempat.

Sekda Dian berharap, masyarakat agar senantiasa waspada terhadap potensi penipuan menggunakan akun WhatsApp atau platform digital palsu.  Untuk itu jangan ragu untuk melakukan verifikasi yang diperlukan sebelum mengambil langkah lebih lanjut. Kolaborasi antara masyarakat, pemerintah desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa  sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban bersama.