Berita  

Madrasah Aliyah Daarurrahman in Sweet Camping

Majalengka, Madrsah Aliyah (MA) Daarurrahman melaksanakan kegiatan rutin tahunan yaitu

Gerakan Pramuka Ambalan Ibnu Sina – Siti Julaeha Gugus Depan Majalengka 20.06 – 20.062 Pangkalan Madrasah Aliyah Daarurrahman dalam acara Pengukuhan Calon Pengukuhan Penegak Pangkalan Daarurrahman dengan tema MA Daarurrahman In Sweet Camping pada hari Selasa sampai Kamis (12-14/9/2023) di bumi perkemahan Istana Batu Korsih Desa Payung Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka.

Istana Batu Korsih adalah tempat Wisata Alam dan Camping Ground, dimana tempatnya sangat menarik bagi para pecinta alam dan wisatawan, didalamnya memiliki keindahan alam yang membuat orang nyaman, yang dihiasi batu-batu besar alami berbentuk kursi dan diapit dua sungai yang besih.

Sweet Camping adalah tema yang digunakan dalam kegiatan kemah MA Daarurrahman, merupakan polesan kegiatan kepramukan yang mandiri, kreatif, inovatif dan manis.

“Gerakan Pramuka ini adalah wujud pengembangan diri peserta didik dalam meningkatkan kreativitas dalam mengembangkan potensi diri, kecakapan dan keterampilan serta memperluas ilmu pengetahuan khususnya mengenal dan mendekatan diri kepada alam agar memiliki jiwa kecintaan kepada alam”, ungkap Herna Hernawan, S.Pd.I selaku Mabigus MA Daarurrahman saat ditemui awak media di sela-sela kegiatan pelaksanaan acara tersebut.

“Sebenarnya tujuan pelaksanaan kegiatan ini tidak lain adalah untuk melatih dan mendidik para peserta agar mandiri dan bertanggung jawab serta memperkokoh mental dengan pendidikan keagamaan agar terbentuk karakter yang beriman dan bertaqwa”, ungkap Nono Suarsono, S.Pd.I selaku ketua panitia pengukuhan penegak Pangkalan MA Daarurrahman.

Kegiatan kemah ini diikuti oleh kurang lebih 180 peserta anak didik dari siswa siswi Madrasah Aliyah (MA) Daarurrahman, seperti pada umumnya setiap kegiatan kemah pramuka selalu sangat digemari semua siswa-siswi dimana saja, karena penuh dengan suka cita dan kreativitas para peserta, begitu juga tidak ketinggalan MA Daarurrahman pun menggelar kegiatan ini kaya akan kreativitas yang cukup menarik, antara lain; Morse sinar/CCPU, semaphore, Out Bond (gugurusuk), fashion show, dan aneka kreasi dalam acara api unggun.

Tampak jelas kegembiraan mereka dalam setiap kegiatan satu ke kegiatan yang lainnya, suasana keharmonisan antar kakak pembina dan peserta didik telah menghilangkan rasa cape rasa lesu dan didukung oleh suasana tempat bumi perkemahan Istana Batu Korsih yang sangat indah dengan panorama asri sejuk dan nyaman yang dihiasi batu-batu besar dan air sungai yang jernih menambah keindahan alam.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini maka anak-anak bisa menumbuh kembangkan rasa persaudaraan dan persatuan diantara mereka, belajar saling tolong menolong saling bahu membahu dan meningkatkan rasa kepedulian sesama teman yang dilandasi keikhlasan dan keimanan “, tutur Aceng Syamsul Hadie, S.Sos., MM. selaku Ketua Umum Yayasan Daarurrahman Cigayam yang menyelenggarakan lembaga-lembaga pendidikan meliputi Madrasah Aliyah, Tsanawiyah, Diniyah dan TPA, salah satunya MA Daarurrahman yang sekarang mengadakan kegiatan kemah pramuka ini.

“Kami juga dari pihak yayasan percaya penuh kepada dewan guru selaku dewan pembina Pramuka sudah profesional dalam melaksanakan tugasnya, mereka sangat tahu betul sasaran dan tujuan pelaksanaan program ini, oleh karena itu kami selalu mensupport terhadap segala kegiatan lembaga pendidikan tersebut”, tambah Aceng Syamsul Hadie yang juga alumnus Pondok Modern Gontor tahun 1988 (Gonsus’88) saat dipinta komentarnya di sela-sela santai di tempat bumi perkemahan ini.

(red)