Kunyit menyembuhkan asam lambung

Baca Juga : baca Juga tentang DAK Fisik Pendidikan tahun 2023

Pernahkah Anda mengalami rasa seperti ada makanan mengganjal di kerongkongan diikuti rasa panas terbakar pada dada Anda? Mungkin saja Anda mengalami penyakit asam lambung (GERD).

Di kalangan awam, GERD seringkali dianggap sama dengan maag karena kemiripan gejalanya yang sama-sama melibatkan organ lambung. Padahal jika dilihat dari faktor penyebabnya, maag dan GERD adalah dua penyakit yang berbeda. Penyakit asam lambung (GERD) juga tidak boleh dianggap remeh karena bisa menyebabkan komplikasi berbahaya.

Berbagai Manfaat Kunyit untuk Asam Lambung

Dikutip dari Healthline, kunyit memiliki kandungan seperti senyawa antiperadangan dan juga antioksidan. Pada beberapa pengobatan tradisional China dan juga Ayurveda, kunyit sering digunakan untuk mengobati sakit haid untuk wanita, radang sendi, hingga dapat meningkatkan berbagai fungsi pencernaan dan organ hati.

Ditambah lagi, kunyit juga sering dipakai untuk dapat mengatasi adanya gejala di dalam perut seperti asam lambung naik, peradangan, dan juga sakit perut. Hal tersebut dikarenakan di dalam kunyit terdapat curcumin yang memiliki peran kesehatan.

Untuk kamu yang belum tahu, Curcumin merupakan senyawa antioksidan polifenol yang bertindak sebagai antivirus, antibakteri, bahkan hingga antikanker. Berdasarkan penelitian juga, kunyit memiliki zat yang diperlukan untuk penyakit asam lambung dan juga GERD. Nah, untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan kunyit untuk mengobati asam lambung, berikut ulasannya.

Cara Meramu Kunyit untuk Asam Lambung

Cara memanfaatkan kunyit untuk mengobati asam lambung cukup sederhana. Langkahnya sendiri dibagi menjadi dua bagian. Silakan simak ulasannya di bawah ini.

1. Membuat kunyit menjadi bubuk

Cara yang pertama adalah membuat kunyit menjadi bubuk halus. Langkahnya sendiri cukup sederhana, yakni gunakanlah batang atau rimpang kunyit yang sudah dikeringkan. Setelah itu, tumbuk hingga menjadi bubuk yang sangat halus.

Nah, kamu bisa menggunakan bubuk kunyit tersebut menjadi minuman atau dicampur dengan masakan lainnya. Jika dikutip dari Web MD, dosis yang sangat dianjurkan untuk dapat mengobati asam lambung adalah 500 miligram curcumin atau sama dengan setengah sendok teh per hari.

Perlu kamu ketahui juga bahwa tubuh kita tidak gampang menyerap kunyit. Nantinya, kunyit ini hanya bisa diekstrak pada hati dan juga dinding usus. Maka dari itu, akan lebih baik jika bubuk kunyit ini dicampur dengan lada hitam. Namun, tetap gunakan secukupnya saja.

2. Membuat kunyit menjadi minuman

Cara berikutnya adalah membuat kunyit menjadi minuman layaknya seperti jamu. Cara yang satu ini cukup banyak digunakan banyak orang dan juga beberapa penjaja jamu. Jika kamu ingin tahu bagaimana cara membuatnya, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

  • Pertama, siapkan dulu kunyit secukupnya saja.
  • Setelah itu, cincang kunyit sampai halus.
  • Kemudian, kamu rebus kunyit yang sudah dicincang tadi dengan satu air gelas sampai mendidih.
  • Setelah mendidih, saring terlebih dulu sebelum kamu konsumsi.
  • Jika sudah, kamu bisa tambahkan madu atau gula merah sebagai pemanis.

Sebelum kamu meminumnya, pastikan didiamkan dulu agar sisa ampas yang tidak tersaring akan mengendap di bawah. Hal ini memang sering terjadi dan mungkin kamu lihat ketika membeli jamu. Ampas tersebut sebaiknya jangan sampai terminum karena bisa memberikan efek samping.

Waspada Efek Samping Kunyit

Meskipun kunyit bermanfaat untuk mengobati asam lambung yang naik, namun kamu harus mengonsultasikannya terlebih dulu pada dokter. Kunyit sendiri pada dasarnya adalah zat pengencer darah yang alami. Maka dari itu, kamu sangat tidak disarankan konsumsi kunyit jika sebelumnya sudah minum obat pengencer darah atau pernah operasi.

Selain itu, kunyit juga bisa memberikan efek samping pada penderita kandung empedu, ibu hamil, dan juga menyusui. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika kamu bicarakan dulu pada dokter jika ingin konsumsi kunyit.

Sum : pyfahealth.com