Berita  

Kiprah TKSK dan PSM adalah sebagai “ujung tombak” pemerintah dalam mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.

KuninganAksi.com -Sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial, perlu adanya keterpaduan antara pemerintah, swasta dan masyarakat terutama kesamaan komitmen serta tekad untuk berbuat kebaikan, yang memberi manfaat sebesar-besarnya bagi orang di sekitar. Komitmen dan tekad untuk menolong sesama, akan terbentuk apabila jiwa peduli dan kesetiakawanan sosial diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Kuningan Dr. Drs. R. Iip Hidajat, M.Pd., saat menghadiri sekaligus membuka Kegiatan Bimbingan Teknis Dasar SDM Calon Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Sosial Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk Pengembangan Puskesos SLRT dalam Peningkatan Kesejahteraan Sosial Masyarakat dan Penanganan Terpadu Bagi Masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Kabupaten Kuningan Sumber Dana Bantuan Keuangan Khusus Pemprov Jabar Tahun 2023. Bertempat di Gedung Philip Aileenhagreen, Sangkan Resort Aqua Park, Bandoraswetan, Cilimus, Kuningan. Selasa (9/1/2024), pagi.

Lanjut dalam sambutannya Pj Bupati Kuningan menyampaikan bahwa keberadaan relawan sosial dari komponen TKSK dan PSM, cukup strategis dalam membantu penjangkauan, pendampingan, memfasilitasi pelayanan sosial sekaligus membuka sistem sumber yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan para pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial dimaksud.

“Saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya serta penghormatan setinggi-tingginya kepada para TKSK dan PSM atas dedikasi, jiwa pengabdian sosial dan kemauannya untuk menjadi mitra pemerintah, menjadi pejuang pembangunan dalam bidang kesejahteraan sosial. Semoga semua pengabdian dan pengorbanan yang telah diberikan, menjadi amal jariyah yang bernilai pahala berlipat ganda dari Allah SWT.” Ujar Raden Iip Hidajat

Menurutnya kiprah TKSK dan PSM adalah sebagai “ujung tombak” pemerintah dalam mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Beliau berharap bimbingan teknis ini akan meningkatkan keterampilan dan kemampuan serta menambah semangat TKSK dan PSM dalam membantu pemerintah berjuang mewujudkan peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat dan penyelenggaraan sosial di kabupaten kuningan.

Pada kesempatan tersebut hadir sebagai narasumber Rektor Kepala Poltekesos Bandung Bambang Indrakentjana, Ph.D., Kepala Dinas Sosial Dr. H. Toto Toharudin, M.Pd., Beserta Jajaran Pejabat Struktural dan Fungsional, Para Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kemasyarakatan (TKSK) Kabupaten Kuningan, dan undangan lainnya.