Berita  

Ini Kegiatan SMKN 2 Kuningan selama Bulan Suci Rhamadan

KuninganAksi. Com – SMKN 2 Kuningan setiap bulan suci rhamadan komitmen untuk melaksanakan Sekolah yang religius,terbukti banyak kegiatan yang di lakukan salah satu nya program smart tren 2024

Hal Tersebut di sampaikan Drs. Ibnu Udi prasetyo, M. Eng kepala SMKN 2 Kuningan melalui bidang kesiswaan yakni Hendi Suhendi, S. Pd, M.Pd saat di wawancara di lokasi kegiatan (selasa,26 maret 2024)

Menurut Hendi Sesuai dengan
intruksi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat selama bulan Ramadhan, maka SMKN 2 Kuningan melaksanakan beberapa kegiatan, antara lain :

1. Mengikuti kegiatan Launching SmartTren 2024 secara Daring

2. Melaksanakan kegiatan Pesantren Kilat untuk kelas X dan XI selama 5 hari. Kelas XII Ujian Praktek. (senin – Jum’at, 18 – 22 Maret, jam 07.30 – 12.00)
Kegiatan Pesantren Kilat, diisi dengan kegiatan – kegiatan untuk menanamkan dan menumbuhkan nilai – nilai karakter positif , nilai – nilai Islami kepada Siswa.
Kegiatan Pesantren Kilat di awali dengan Sholat dhuha bersama di lapangan Upacara, do’a bersama, masuk ke kelas dilanjutkan Absensi kehadiran, pengumpulan IMAM , Tadarus Al – Qur’an dan tahfidz Qur’an juz 30 yang disetorkan ke masing – masing pendamping di kelasnya, yaitu dari Guru/ Pemateri, Osis dan IRMA/Rohis.
Kegiatan Pesantren Kilat di akhiri dengan pemberian materi oleh Guru Pendamping.

” yang ke 3 sebar Takjil oleh Pengurus OSIS yang di laksanakan pada Senin, 25 Maret Pukul 17.00 – 17.30 Yang bertempat di Jalan Raya Depan SMKN 2 Kuningan Pembagian Takjil sebanyak 100′” ungkapnya

Bukan hanya itu Sekolah tersebut nenggelar acara Wakaf Qur’an Yang di laksanakan pada Selasa, 26 Maret 2024 Pukul 09.00 sampai dengan selesai Yang bertempat di Blok Kamukten Desa Cigadung kecamatan Cigugur, Mushaf Qur’an Yang di laksanakan pada Selasa, 26 Maret 2024 Pukul 08.00 – 12.00 yang bertempat di Masjid Baiturrahman SMK Negeri 2 Kuningan Dengan peserta Perwakilan kelas X dan XI, 2 orang mewakili kelas masing – masing.
Kegiatan tersebut berupa penulisan mushaf al qur’an yang diikuti oleh perwakilan kelas X dan XI.

Di tambahkan Hendi ada juga kegiatan RANTANG PRAMUKA yaitu berbagi kepada masyarakat, dengan pemberian 100 paket Nasi, yang dibagikan kepada masyarakat yang melalui jalan raya Sukamulya depan SMKN 2 Kuningan pada selasa 26 Maret 2024 Pukul 17.00 sd selesai.

“Untuk siswa Non Muslim, melaksanakan kegiatan penanaman budi pekerti yang didampingi oleh guru Non Muslim, yaitu Ibu Nina guru dari program Akuntansi. Dengan agenda, materi indoor dan outdoor, game karakter, do’a bersama, berbagi takjil.” tambahnya

Tujuan dari pada smart tren ini adalah Menumbuhkan nilai – nilai luhur kepesantrenan, penguatan pendidikan karakter siswa,Menambah dan memperluas wawasan pengetahuan dalam ibadah,Meningkatkan amaliah di bulan ramadhan yang dilaksanakan secara terencana, sesuai situasi, kondisi, dan potensi masing – masing,Menerapkan pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan sehari – hari, berupa bimbingan,pelatihan , pembiasaan yang dilakukan secara bersama sama antara pihak sekolah dan pihak orang tua.

Lanjut Hendi fungsi dari smart tren itu adalah Sarana pembinaan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia siswa Sarana menumbuhkan nilai – nilai kepesantrenan di lingkungan siswa, Sarana pembinaan keislaman dengan menerapkan dan melaksanakan, pengetahuan, nilai – nilai dan pengamalan ajaran islam.