Berita  

Hari Pramuka Ke-62, Acep Ajak Wujudkan SDM yang Profesioanal dan Berwawasan Kebangsaan

Bertempat dilapangan Pandapa Paramarta upacara peringatan Hari Pramuka ke 62 tingkat Kabupaten Kuningan di gelar. Dengan Tema “Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesioanal dan Berwawasan Kebangsaan”, upacara yang dihadiri oleh 8.500 peserta tersebut juga dihadiri Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH, Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, Sh., M.Si, Dandim 0615 Kuningan Letkol. Inf. Bambang Kurniawan, SE., MA, Kepala kejaksaan Negeri Kuningan Dudy Mulyakusumah, SH., MM, Kepala BNN Kuningan AKBP Yaya Satyanagara,S.H Sekretaris Daerah Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Rana Suparman, SE serta Ketua TP. PKK Kuningan Hj. Ika Acep Purnama, SE. Senin (14/7/2023).

Pada Kesempatan tersebut Bupati Acep yang juga sebagai pembina upacara menyampaikan sambutan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso. Menurutnya bahwa dengan tema yang diangkat pada peringatan Hari Pramuka ini menunjukan Semangat dari Gerakan Pramuka untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang lebih Profesional.Disamping itu wawasan Kebangsaan menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan Semangat Bela Negara.

“Syukur Alhamdulillah pada hari ini tanggal 14 Agustus tahun 2023, segenap anggota Gerakan Pramuka yang ada di seluruh Indonesia merasa bahagia dan bersyukur karena organisasi Kepanduan Praja Muda Karana yang kita cintai ini genap berusia 62 Tahun. Pada tahun ini juga akan dilaksanakan sejumlah kegiatan Nasional, kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya Raimuna Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Pertisaka) Bakti Husada tingkat Nasional, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putra dan Putri Nasional (Musppanitra) serta Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka di Banda Aceh Provinsi Aceh. Marilah kita bersama-sama mensukseskan acara tersebut,” terang Acep.

Lebih lanjut saat ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga sedang berupaya untuk memperbaiki Undang-undang Nomor : 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah pada era digitalisasi agar Gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman., tentu harapan kita agar melalui perbaikan Undang-Undang tersebut dan perkembangan teknologi informasi akan dapat menjadikan Gerakan Peramuka semakin Berdaya Guna dan Berhasil guna. Juga mudah-mudahan Gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan Program-program Pemerintah serta menangani pendidikan nonformal dalam pembentukan karakter.

Pada upacara peringatan Hari Pramuka ke-62 tingkat Kabupaten Kuingan ini juga ditampilkan beberapa pampilan dari para peserta pramuka diantaranya seperti drum band, musikalisasi puisi, deklarasi manusia pancasila dan pemberian beberapa penghargaan