Berita  

DONGKRAK PAD PEMDA KUNINGAN MELALUI RETRIBUSI PARKIR,PARA JUKIR DI BERIKAN SURAT TUGAS ,SERAGAM DAN KARCIS REMI

KuningAnaksi.com – Sebagai upaya mendongkrak Pendapatan Asli Daerah melalui sektor pajak dan retribusi, Penjabat Bupati Kuningan Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, Mpd memberikan secara simbolis kepada para petugas parkir berupa surat tugas, identitas parkir, seragam dan karcis parkir resmi.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Daerah No 1 tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang mengatur tentang pendelegasian kewenangan pengelolaan fiskal, dimana Pemda berwenang menetapkan Pajak daerah dan retribusi daerah sebagai sumber Pendapatan asli daerah untuk membiayai penyelenggaraan Pemerintah dalam memberikan pelayanan publik. Rabu (10/01/2024).

Diberikan di alun-alun taman Cilimus, Pj Bupati Kuningan berharap bahwa pemberian surat tugas dan identitas parkir ini sebagai langkah untuk tertib administrasi yang akan berkontribusi langsung kepada Pendapatan asli daerah.

“Sejalan dengan Perda No 1 tahun 2024, bahwa Peran pahlawan para petugas parkir sangat mendukung sebagai menyumbang PAD yang legal. Dimana kami baru saja memberikan surat tugas ini agar administrasi tertib sehingga aturan biaya parkir juga jelas, Insya allah hal tersebut akan mendongkrak PAD Kabupaten Kuningan. “ Kata Iip.

“Kami akan memulai tertib administrasi, dimana semua akan berjalan di atas rel aturan yang benar. Dan di Cilimus ini akan menjadi percontohan” Lanjut Iip.

Sementara menurut BENI PRIHAYATNO, S.Sos.,M.Si. Selaku kepala dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan, bahwa kegiatan hari ini merupakan survei potensi parkir yang telah bermitra dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan melalui Dishub.

“Pasca diterbitkannya Perda No 1 tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan retribusi daerah, kita berharap tertib administrasi ini akan mendongkrak PAD. Jadi nanti pemasukan ke Desa ada, Ke Kabupaten ada, ke pengelola juga ada, yang tujuannya untuk pelayanan kepada masyarakat melalui program dan kegiatan” Tutur Khadapi.

Ditemui ditempat berbeda, salah satu petugas parkir yang menerima Surat tugas, Toni Jordania (56) menyebutkan bahwa dirinya menyambut dengan baik penertiban parkir ini.

“Alhamdulilah melalui surat tugas ini kita berharap masyarakat akan memandang kita sebagai petugas parkir resmi. Saya siap menjalankan tugas” Ujar Toni bersemangat.