Bunda PAUD Gelar Parenting Sekaligus Pengukuhan

Kuninganaksi.com – Bertempat di Gor Ewangga Kuningan, sebanyak 94 Bunda Paud Desa di kukuhkan. Pengukuhan di tandai secara simbolis kepada 3 orang perwakilan bunda paud desa dengan pemasangan selempang bunda paud oleh Ketua Bunda Paud Kabupaten Kuningan, hj. Ika Siti Rahmatika, Sabtu, (14/10/2023). Kegiatan pengukuhan tersebut sekaligus dirangkaikan dengan kegiatan Seminar Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Pemahaman Orang Tua.

Dalam sambutannya, Hj. Ika Siti Rahmatika, yang dikenal sebagai Bunda PAUD Kuningan, memandang momen ini sebagai sangat monumental. Dalam memimpin PAUD selama 7 tahun setengah, dengan semua suka dan duka, harapan, dan tantangan yang telah ia hadapi bersama seluruh komponen PAUD, dari tingkat kecamatan hingga desa. Ika Siti Rahmatika juga mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah berkolaborasi selama masa jabatannya.

Namun, dalam momen bersejarah ini, Ika mengingatkan bahwa masa bakti yang panjang sebagai Bunda PAUD akan segera berakhir, bersamaan dengan masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati yang akan berakhir pada tanggal 4 Desember 2023. Dengan itu, Ika Siti Rahmatika akan segera melepaskan berbagai jabatan seperti Bunda PAUD, Bunda Literasi, dan lainnya.

Ika Siti Rahmatika menitipkan harapan kepada 94 Bunda PAUD Desa yang baru di kukuhkan untuk melanjutkan perjuangan dalam memajukan pendidikan anak usia dini. Ia menekankan pentingnya perhatian terhadap satuan PAUD, baik formal maupun non formal, serta menjalin kerja sama dengan para orang tua. Ika berharap agar komunikasi tiga arah antara Bunda PAUD, satuan PAUD, dan orang tua tetap harmonis.

Selain itu, dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini, Ika menghadirkan Kak Ivan Alwi, seorang psikolog muda yang kreatif dan inovatif, sebagai narasumber dalam kegiatan parenting. Ika berharap para peserta akan mendapatkan wawasan yang berharga dalam mendidik anak-anak mereka.

Dalam penutupan sambutannya, Ika Siti Rahmatika mengucapkan permohonan maaf kepada semua yang hadir apabila selama menjabat sebagai Bunda PAUD ada kekurangan atau kesalahan.  Ika berharap bahwa setelah tidak lagi menjabat sebagai Bunda PAUD, ia dapat kembali ke masyarakat sebagai individu biasa, dan dengan harapan bahwa interaksi dan kerjasama akan terus berlanjut di Kabupaten Kuningan.

“ hanya ucapan terimaksih yang dapat saya sampaikan kepada semua yang telah bekerjasama selama saya menjadi bunda paud. Mudah-mudahan kerjasama ini tidak berakhir karena berakhirnya jabatan formal yang saya sandang, tetapi semangat kekeluargaan lah yang insyaallah tidak akan memutuskan kebersamaan kita semua” ujar Ika.

Lanjut Ika, Penghargaan dan terima kasih diberikan kepada jajaran dinas pendidikan, camat, para Bunda PAUD kecamatan, desa, kelurahan, penilik, pengawas, dan organisasi mitra IGTKI, HIMPAUDI, SAPTA IGRA, yang telah memberikan dukungan tak ternilai selama masa jabatan Ika Siti Rahmatika sebagai Bunda PAUD. Semoga semangat untuk kemajuan PAUD di Kabupaten Kuningan akan terus berkobar di tangan para Bunda PAUD yang baru dikukuhkan.