Acep Purnama : mutasi guru dan kepala sekolah bukan semata-mata berdasarkan preferensi pribadi, melainkan telah melewati evaluasi dan pertimbangan yang cermat

Sebanyak 247 pungsional  guru terdiri dari yang promosi 99 orang dan yang alih tugas (mutasi) sebanyak 148 orang kepala sekolah di Kabupaten Kuningan, dari tingkat taman kanak-kanak hingga SMP, berkumpul di Aula BKPSDM dalam agenda penting pada kamis,10 Agustus 2023.

Bupati Kuningan, H Acep Purnama, memberikan amanat yang inspiratif kepada para Kepala Sekolah yang baru diberi SK penugasan dan alih tugas sebagai Kepala Sekolah.

Dalam kesempatan ini, Bupati Acep Purnama menegaskan pentingnya peran kepala sekolah dalam membangun kepercayaan orangtua terhadap pendidikan anak-anak mereka. Ia mengungkapkan, “Kepala sekolah harus bisa memberikan kepercayaan kepada orangtua siswa sehingga mereka tenang menyekolahkan anaknya.” Selain itu, Acep juga menekankan pentingnya pendalaman ilmu keagamaan di sekolah untuk membentuk akhlak dan adab yang baik pada anak-anak didik.

Baca juga :Wowo Wibawa menjelang pensiun melakukan ini

Lebih lanjut, Bupati Kuningan menyoroti bahwa tugas kepala sekolah tak hanya berhubungan dengan aspek pendidikan, tetapi juga menjaga kondusifitas sekolah sebagai lingkungan belajar yang representatif. Ia mengingatkan para kepala sekolah untuk mengatasi masalah sekecil apapun dengan serius. Acep menegaskan, “Jangan sampai hanya ada kerusakan kecil atau masalah kecil, harus setingkat Kadis yang turun menyelesaikan.”

Pengangkatan kepala sekolah dalam agenda ini disoroti oleh Bupati sebagai hasil pertimbangan dan penilaian kapabilitas sumber daya manusia yang ditunjuk. Ia menegaskan bahwa mutasi guru dan kepala sekolah bukan semata-mata berdasarkan preferensi pribadi, melainkan telah melewati evaluasi dan pertimbangan yang cermat.

Selain itu, Bupati Kuningan juga memberikan perhatian terhadap aspek lingkungan hidup dalam dunia pendidikan. Ia mendorong sekolah-sekolah untuk menjalankan program Adiwiyata dengan baik. Dalam pandangan Bupati, keberhasilan pengajar dan kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang baik akan membentuk generasi muda yang berpendidikan dan unggul.

Dalam akhir amanatnya, Bupati Acep Purnama mengilhami semua peserta untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik di Kabupaten Kuningan. Dengan semangat dan wawasan yang tinggi, diharapkan pendidikan di daerah ini akan terus berkembang dan memberikan manfaat yang nyata bagi generasi mendatang.