Berita  

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kuningan menggelar acara Rapat Kerja (Raker)

KuninganAKSI.com-Guna menyusun Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan  Program Kerja,  Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kuningan menggelar acara Rapat Kerja (Raker) yang dipimpin langsung Ketua Hj Rini Sujiyanti, SE.MM. di Highland Ipukan, Senin (6-7/11/2023).

“Tujuan raker ini untuk membahas dan mengevaluasi program kerja dan melakukan upaya untuk memajukan organisasi agar lebih bermanfaat kepada masyarakat. Karena suatu organisasi akan berjalan dengan baik apabila mampu mewujudkan  amanah dari  AD/ART. Jadi perkuat koordinasi dan komunikasi agar dapat membangun organisasi berjalan dengan baik dalam penyusunan program kerja dan implementasinya,” ungkap Hj Rini Sujiyati, SE.MM

Hj Rini menuturkan perempuan adalah komponen SDM yang mempunyai kedudukan strategis dalam pembangunan nasional dan regional khususnya di Kabupaten Kuningan. untuk itu, optimalisasi kapasitas diri kaum perempuan sangat penting  dalam keterlibatan dengan kapasitas dan kompetensi diri masing-masing untuk mengembangkan talenta di manapun berada baik di keluarga maupun di masyarakat.

Raker GOW bertajuk “Kiprah Perempuan Hebat dalam Keluarga dan Masyarakat” mendapat respon antusias dari para pengurus untuk menyusun program kerja selama 5 tahun masa kepengurusan. Berbagai program mereka sampaikan dalam Raker.

Dalam kesempatan itu Bendahara GOW, Ibu Hj Nani Rusnani M.Pd, memaparkan program keuangan termasuk pengelolaan keuangan, iuran dari setiap organisasi mulai bulan November 2023, serta hasil usaha bidang ekonomi.

Sementara Hj Bidan Juju memberikan penjelasan mengenai tata tertib Rapat Kerja, sementara Yani dan  Ratih  tentang penataan organisasi, pengelolaan gedung, atribut, dan struktur organisasi.

Untuk program kerja bidang organisasi Hj. Neneng Hayati Awaliyah, SE, menyampaikan terkait konsolidasi organisasi, peningkatan kerjasama dengan organisasi wanita, pelatihan kepemimpinan, dan pembentukan GOW tingkat kecamatan.

Program Bidang Ekonomi yang dipaparkan Kristina Murtira, Ia  fokus pada pemberdayaan ekonomi, pendidikan untuk peningkatan ekonomi, perkoperasian, serta strategi pemasaran untuk Gedung GOW.

Lebih lanjut Hj. Engking Sarki   menerangkan, bahwa dalam Raker  dibahas juga  pada Bidang Sosial yang merencanakan kegiatan seperti Bebersih Bersama (BBR), bakti sosial, kunjungan sosial, koordinasi sosial, kegiatan keagamaan, tabungan kurban, dan karya wisata religi, dan rencana program untuk Bidang Olahraga dan Seni, serta Advokasi Hukum yang akan menjadi bagian penting dari agenda kerja GOW ke depan.

“Rencana Program Kerja 2023-2028 mencakup juga kegiatan pelatihan kecakapan kerja, seminar kesehatan/PHBS, seminar parenting, serta sosialisasi etika berbusana. Semoga Raker GOW ini dapat meningkatkan kaum perempuan dalam berkontribusi terhadap pembangunan di Kabupaten Kuningan,” ungkap Hj. Engking Sarki  yang juga menjabat Kabid  Aplikasi Informatika Diskominfo